Kamis, 18 April 2013

Berbagai Manfaat Tanaman Lidah Buaya


Berbagai Manfaat Tanaman Lidah BuayaSemua orang tentu sudah mengenal lidah buaya atau Aloe Vera (Aloe barbadensis Milleer), sejenis tanaman liar yang biasanya berfungsi sebagai tanaman hias. Bentuk daunnya yang berdaging dan mempunyai gerigi lunak hingga menyerupai ekor buaya ini selain sebagai tanaman hias juga mempunyai banyak khasiat sebagai obat-obatan alami.
Manfaat Untuk Rambut
Sudah sejak ribuan tahun manusia telah memanfaatkan lidah buaya untuk berbagai keperluan salah satunya untuk perawatan dan penyubur rambut. Caranya sangat muda, ambil beberapa batang lidah buaya dan kupas kulitnya. Gunakan dengan cara menggosokkan daging lidah buaya tersebut secara merata pada rambut serta kulit kepala.
Selanjutnya diamkan beberapa saat agar lendir lidah buaya tersebut dapat meresap ke rambut serta kulit kepala. Memang bagi yang punya kulit kepala sensitif akan merasakan gatal tapi lebih seperti gatal kalau kulit kepala berkeringat. Anda bisa melakukan hal tersebut secara rutin setiap hari hingga beberapa bulan agar mendapatkan hasil yang sempurna.
Lidah Buaya Untuk KecantikanManfaat Untuk Kulit
Tidak hanya untuk rambut, bagi wanita yang ingin kulit terawat sehat bisa memanfaatkan tanaman lidah buaya karena banyak mengandung zat dan vitamin. Berikut ini 5 manfaat untuk kulit:
  • Lidah buaya bisa digunakan untuk kulit wajah sebagai pelembab, pemakainnya lebih bagus sebelum anda melakukan riasan wajah. Manfaatnya adalah mencegah agar kulit tidak menjadi kering.
  • Sifat anti mikroba yang terdapat pada lidah buaya berguna untuk membunuh bakteri pada kulit sehingga bisa dimanfaatkan untuk mencegah peradangan. Gunakan lendir lidah buaya dengan mengoleskan pada luka ringan pada kulit, hal ini bisa menyembuhkan luka tersebut dengan cepat dan alamiah.
  • Bertambahnya usia menyebabkan timbulnya garis-garis kerutan dan semakin menghilangkan kelenturan kulit. Vitamin C dan E yang terdapat dalam lidah buaya dapat meminimalisir efek penuaan usia pada kulit agarkelembaban dan elastisitas kulit tetap terjaga.
  • Perenggangan kulit yang menyebabkan kerutan-kerutan terutama pada perut tentunya sangat mengganggu bagi wanita. Penyebab timbulnya kerutan tersebut salah satunya adalah setelah proses melahirkan, kerutan itu juga terkadang diikuti oleh luka ringan diantara lipatan kerutan. Untuk mengatasi kejadian tersebut anda bisa memanfaatkan lidah buaya dengan mengoleskan dengan teratur di sekitar wilayah kerutan.
  • Lidah buaya juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit serta pembekakan kulit yang diakibatkan terkenasengatan sinar matahari secara langsung. Gel lidah buaya berfungsi sebagai lapisan pelindung kulit agarkelembabannya tetap terjaga. 
  •  
  •  
  •   sumber:   http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar