Kamis, 18 April 2013

10 Tips Untuk Mencegah Resiko Penuaan Dini

eseorang yang usianya berkisar antara umur 20-30 tahun sangat memungkinkan mengalami penuaan kulit. Hal ini disebabkan sering terkena sinar mataharisecara langsung maupun stres yang berlebihan. Kondisi seperti itu sangat rentan dengan resiko kerusakan pada jaringan permukaan kulit hingga akibatnya mengalami penuaan. Kehilangan kolagen seperti pada timbulnya garis-garis halus yang muncul di kulit dapat membuat anda terlihat lebih kusam dan kulit tidak elastis lagi.
Sebaiknya dari awal melakukan pencegahan terhadap resiko kerusakan kulit dengan perawatan secara teratur daripada harus memperbaikinya. Anda dapat menunda penuaan dini dan mendapatkan kulit indah dalam kondisi prima dengan 10 cara dibawah ini :
5 hal yang boleh anda lakukan untuk memperlambat proses penuaan dini
  • Berhentilah merokok. Merokok dapat beresiko menimbulkan kerutan atau keriput pada kulit. Anda bisa secara mudah mengenali perokok dari keriput yang ada muncul di daerah atas mulutnya, garis keriput tersebut berbentuk seperti kerucut yang konstan dan membentuk bibir. Merokok adalah penyebab ke-2 terbesar kerusakan kulit setelah paparan sinar matahari. Hal ini disebabkan oleh Nikotin yang menyempitkan pembuluh darah serta mengurangi aliran oksigen pada kulit.
  • Gunakan retinoid setiap hari atau beberapa hari sekali. Penggunaan lotion yang mengandung retinoid dapat menunda penuaan dini pada wajah. Retinoid adalah salah satu unsur yang bisa bekerja untuk mengatasi proses atau resiko terhadap dini. Gunakan lotion yang mengandung retinoid ini untuk mencerahkan kulit yang terlihat kusam. Hindari panas matahari secara langsung saat menggunakan retinoid karena membuat kulit menjadi rentan.
  • Lakukan Facial seminggu sekali. Wajah harus selalu dibersihkan paling lama membutuhkan waktu 30 menit untuk mengerjakannya.. Lakukan exfoliation melalui scrub wajah, masker hydrating, quick steam, dan moisturizer.
  • Gunakan Pelindung Matahari setiap hari. Sangat dianjurkan untuk memakai tabir surya atau lebih dikenal oleh masyarakat umum dengan  nama “sun block” setiap hari dan pada setiap kondisi, baik itu saat cuaca cerah, berawan maupun mendung. Kulit harus dilindungi dari sinar ultraviolet untuk mencegah resiko penuaan dini pada kulit.
  • Pasang pelindung sinar matahari pada kaca jendela. Mungkin ada adalah wanita pekerja yang terkena paparan sinar matahari selama ribuan jam setiap tahunnya dan paparan sinar matahari tersebut masuk melalui jendela mobil. Untuk melindungi kulit anda dari sinar matahari gunakan kaca film pada kaca mobil, karena kaca film tersebut dapat meredam sinar ultraviolet hingga sebanyak 90 %.
5 hal yang tidak boleh dilakukan guna memperlambat proses penuaan dini
  • Jangan menggosok permukaan kulit dengan kasar. Penuaan kulit disebabkan oleh karbon monoksida, sinar ultraviolet, dan stress maka jangan gosok kulit anda dengan kasar, agar tidak terjadi kerusakan pada kulit..
  • Pakailah moisturizer. Keriput timbul disebabkan kulit yang kering. Oleh karena itu gunakan lotion untuk melembabkan permukaan kulit..
  • Jangan abaikan kulit leher dan dada. Leher dan dada adalah tempat pertama yang menunjukkan tanda – tanda penuaan karena memiliki kelenjar minyak yang lebih sedikit dibandingkan bagian lain dari tubuh anda, namun seringkali orang mengabaikannya. Oleh akrena itu pergunakanlah pelembab yang mengandung vitamin A (retinol), kinetin, dan vitamin C untuk perawatan pada bagian leher dan dada.
  • Berjemur secukupnya. Berjemur di bawah sinar matahari secara berlebihan dapat menimbulkan kerusakan pada jaringan kulit yang berakibat proses penuaan dini menjadi lebih cepat. Jika keriput sudah muncul sebelum waktunya maka akan mengeluarkan banyak uang untuk mengobatinya.
  • Jangan menunda dalam merawat kulit. Sangat penting untuk membersihkan kulit wajah pada setiap malam guna menghindari tersumbatnya pori-pori oleh kotoran. Gunakan krim wajah yang cocok dengan kulit anda, karena setiap kulit sensitifitasnya berbeda satu dengan yang lainnya.
 Sumber: http://www.kecantikantubuh.com/10-tips-untuk-mencegah-resiko-penuaan-dini.html#more-59

Tidak ada komentar:

Posting Komentar